Visi & Misi

Visi Omah Munir


Fokus pada penciptaan medium populer yang  memberikan kepada para audiensnya, tua dan muda, terdidik dan tak terdidik, sebuah  gagasan ideal tentang keadilan yang patut menjadi cita-cita perjuangan warga negara yang sadar.




Misi Omah Munir


Berpijak pada upaya memberikan kelengkapan medium  yang menjadi instrumen strategis pendidikan nilai-nilai universal hak asasi manusia  kepada para siswa dan pengajar sekolah menengah, mahasiswa perguruan tinggi, dan masyarakat umum. 
Melalui museum ini, para pengunjung akan belajar sejarah yang lengkap beragam dimensi persoalan HAM yang ada dalam sejarah Indonesia, dan sekaligus mendapatkan bahan-bahan kelengkapan lebih lanjut untuk kegiatan  penelitian HAM di Indonesia melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga perguruan tinggi, khususnya dalam bidang hukum dan hak asasi manusia.




Tujuan


1. Masyarakat luas dapat mempelajari nilai-nilai HAM universal dalam bahasa  yang mudah dipahami melalui sosok Munir sebagai orang yang mendedikasikan hidupnya untuk memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan di Indonesia sesuai  dengan norma universal HAM;

2. Membangun karakter pribadi yang memiliki sikap anti-kekerasan, toleran terhadap perbedaan, dan menghargai martabat individual yang menjadi ciri dari keteladanan sosok Munir yang ditampilkan dalam museum;

3. Mengingatkan orang bahwa perjuangan HAM bukan sebuah perjuangan yang  final di era multi-partai dalam politik demokratis Indonesia pasca-reformasi.  Masih ada sisi gelap di dalam kehidupan masyarakat yang masih membiarkan para pelaku kejahatan HAM hidup bebas tanpa hukuman, atau dengan kata lain impunitas tetap menjadi bagian dari budaya politik di Indonesia sekarang ini.